Sabtu, 19 November 2011

Tips komputer berspesifikasi rendah

dalam perkembangan era globalisasi yang semakin modern dan semakin canggihnya perkembangan elektronik, tidak sedikit pula yang masih menyimpan komputer bututnya yang berspesifikasi rendah termasuk compi saya sendiri. Alasannya bisa bermacam-macam mengapa masih menyimpan komupter berspesifikasi rendah tersebut, kalau saya alasannya adalah komputer berspesifikasi rendah ini adalah kenangan komputer pertama yang saya miliki dan merupakan media belajar saya sehingga dapat sedikit mengerti tentang komputer dan hal-hal lainnya.
bukan hanya komputer butut ini yang masih saya simpan, tetapi berikut modem saya yang pertama kali saya beli samapi sekarang menjadi pajangan dirumah, modem dial-up smart zte c 261 yang hanya mencapai kecepatan 6 kbps didaerah pelosok seperti tempat saya ini saya jadikan kenangan dan insyaalah tidak akan saya jual.
dengan berbekal pengalaman menggunakan komputer berspesifikasi rendah yang saya miliki dan saya gunakan selama bertahun-tahun, saya mendapatkan sedikit tips yang bergunauntuk sobat-sobat sekalian yang masih menggunakan komputer berspesifikasi rendah di zaman modern ini. berikut adalah tips mengakali komputer berspesifikasi rendah supaya dapat berjalan lebih cepat dari biasanya.
1. Umur Instalasi Windows
jika komputer sobat di Instal dengan OS (operating system) windows dan sudah berumur atau tidak pernah di Instal ulang lagi saya sarankan Instal saja lagi untuk pembaharuan, karena pada instalasi lama sudah dipastikan ada banyak program yang sudah pernah terinstal dan di uninstal lagi sehingga menyimpan banyak data registry pada system windows tsb.
2. Pilihan OS (operating system) yang digunakan
Pilihlah OS (operating system) windows xp professional service pack 3, soalnya xp sp 3 saya rasa lebih stabil dan lebih tahan terhadap virus serta software-software baru dari microsoft pun masih banyak yang compatible (cocok) dengan OS ini.
3. Partisi hardisk
buatlah partisi hardisk kita dengan system NTFS, system ini dapat mengoptimalkan windows xp berjalan lebih baik pada komputer kita dibanding dengan menggunakan system FAT32
4. Driver
Gunakanlah driver-driver versi terbaru supaya semua hardware yang terpasang dikomputer berspesifikasi rendah dapat berjalan dengan normal, ini dapat dilakukan setelah proses instalasi windows selesai dengan cara menginstal software Uniblue Driver Scanner. software ini dapat berjalan dengan baik pada os windows xp sp 3 dengan mendeteksi semua driver yang belum terinstal maupun driver yang out of date. selain itu software ini langsung menyediakan link download driver yang dibutuhkan oleh komputer kita.
5. Jangan terlalu banyak menginstal program
mengerti bukan dari tema nomer 4 ini, sebaiknya untuk komputer berspesfikasi rendah jangan terlalu banyak di Insla program ataupun game yang dapat memakan memori yang besar, pilih-pilih saja software atau program yang dianggap penting seperti office (sebaiknya gunakan office 2010 karena lebih ringan dan prosesnya sangat cepat serta tidak memakan resource memory yang besar), antivirus (gunakan avira), pemutar audio (winamp), pemutar video (Quick time), pembersih (ccleaner), codex (K-Lite Mega), browser (mozilla atau chrome), download accelerator (FDM), archiver (WinZip bekerja lebih baik dalam proses peng-archivan), image viewer (picasa), software blogging (post 2 blog, notepad ++), PDF (adobe reader x)
6. Hapus beberapa program bawaan windows yang dianggap tidak perlu sepeti games, tour windows, internet explorer, dll
7. Jangan istal program yang bekerja real time atau setiap waktu, ini justru memperlambat windows apalagi yang menggunakan ram berkapasitas kecil, minimum ram untuk komputer berspesifikasi rendah 750 MB jika ingin bekerja stabil
8. Gunakan tema clasic dan atur ke best performance
9. Matikan autoplay
ini berguna untuk mencegah penularan virus dari removable media seperti flashdisk ataupun memori hp dan removable media lainnya.
10. matikan system restore supaya registry lama yang rusak tidak direstore lagi
11. Jalankan defrag minimal 3 bulan sekali dan pembersihan prefect data menggunakan cCleaner  setiap kali selesai beraktifitas dengan windows kita.
12. jangan menyimpan file pada sembarang tempat
atur file-file kita ke berbagai kategori seperti document, audio, video, dan image kedalam folder yang berbeda-beda dan setting foldernya sesuai data yang disimpan dalam folder tersebut melalui properties folder
13. hapus shortcut pada desktop, tampilakan 1 baris kebawah saja yang dianggap paling sering digunakan
demikian sedikit tips dari saya untuk memaksimalkan kerja komputer berspesifikasi rendah sehingga kita dapat bekerja dengan baik tanpa terganggu oleh loading komputer butut versi jadul dan udah gak layak pakai lagi kaya komputerku ini.
Bantu saya dalam kontes review Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya