Kamis, 03 Mei 2012

Bahaya Spoofing attack pada akun GMail

Pagi ini saya sangat kaget. Saat saya buka outlook di kantor, tiba-tiba masuk email yang terkirim dari email gmail saya. Hal yang membuat saya heran adalah, saya merasa tidak pernah mengirimkan email tersebut dari akun gmail saya ini, bahkan boleh dikata sudah berbulan-bulan email ini tidak pernah saya pakai. Cek punya cek, ternyata email saya sudah terkena spoofing.  Ciri-ciri sederhananya adalah, pada folder inbox maupun spam, terdapat email dengan sender dari “me” yang berarti kita sendiri. Pertanyaannya, buat apa kita mengirim email ke diri kita sendiri ? Ciri lainnya adalah terkirimnya email ke seluruh kontak di akun kita, sehingga menghasilkan spam bagi orang lain. Sungguh hal yang mengerikan.
Bagaimana cara kerja spoofing attack ini ? Cara kerjanya sangat sederhana. Seseorang diluar sana mengirimkan email ke orang lain dengan menggunakan alamat email anda. Cara mereka adalah dengan melakukan forging atau menimpa alamat email anda. Hemm… penjelasannya seperti ini ” Ketika Anda mengirim surat melalui pos, biasanya Anda menulis alamat di amplop sehingga penerima dapat mengidentifikasi pengirim, dan kantor pos dapat kembali mail ke pengirim apabila terjadi masalah. Tapi tidak ada yang menghalangi Anda untuk menulis alamat pengirim yang berbeda dari Anda sendiri, bahkan, orang lain bisa mengirim surat dan taruh alamat apa saja di amplop. Email bekerja dengan cara yang sama. Ketika server mengirim pesan email, server akan mengidentifikasi si pengirim, tapi  bagian pengirim in dapat dipalsukan. Jika ada masalah dengan pengiriman dan seseorang menempa alamat Anda pada pesan, maka pesan akan dikembalikan kepada Anda, bahkan jika Anda tidak pengirim yang sebenarnya. ” Saya kira begitulah yang dikatakan syech google mengenai spoofing itu sendiri.
Nah, jika anda menerima balasan email yang tidak dikirim dari akun gmail anda, maka 2 hal ini kemungkinan terjadi :
1. email anda ditempa oleh orang lain (belum pada taraf pengambil-alihan)
2. pengirim asli akan menggunakan alamat email anda sebagai alamat balasan, sehingga dia bisa merajalela mengirimkan spam ke orang lain.
Mau tau contoh spamnya ? berikut ini kutipan dari email yang terkirim mengunakan akun saya, dan saya menyarankan untuk tidak mengklik url yang saya berikan.
Hi ,my friend, How are you?
Recently i buy products from www.XXX.XXX.The products on
it is very good. The chinese traditional festival–Spring Festival
will come, which is the best sale season for chinese people. Now they
sell the products at big discountprice.The price is very
low.They sell these products: MP3,TV,Motorbike,Cellphone,
Laptop etc.
You should spend some time on having a look,maybe you may find what
you like.Wish your whole family member happy and healthy
Nah, teman-teman silahkan cek-cek lagi akun gmail anda demi kenyamanan anda sendiri …. :)
picture is taken from www.kevinscrate.com
warm regards,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya